Keunikan Desa Wisata Brajan dengan Kerajinan Bambu Jogja | Ringgarentcar.com

Keunikan Desa Wisata Brajan dengan Kerajinan Bambu Jogja

Berwisata ke Desa Wisata Krebet, Inilah Hal Yang Harus Kamu Lakukan!
July 10, 2019

Keunikan Desa Wisata Brajan dengan Kerajinan Bambu Jogja

Keunikan Desa Wisata Brajan dengan Kerajinan Bambu Jogja

Desa wisata Brajan yang menjadi salah satu destinasi banyak wisatawan memang belakangan ini sedang banyak diperbincangkan. Meski sudah lama sekali menjadi desa wisata yang asri dan bagus, masih banyak juga kalangan baru yang belakangan ini tau desa ini. Lokasi yang berada di dusun Brajan, desa Sendangagung, Minggir, Kabupaten Sleman membuat desa ini tidak sulit untuk dijangkau. Desa kecil ini memang banyak terdapat masyarakat yang melakukan kegiatan kerjinan bambu sebagai mata pencaharian.

Awal Mula Berkembangnya Kerjinan di Desa Brajan

Bukan satu dua orang saja yang penasaran akan sejarah atau awal mulanya kerajinan bisa berkembang di desa wisata Brajan ini. Dulu, masyarakat hanya sekedar saja melakukan kerajinan tangan ini bersama dengan ibu-ibu lainnya. Namun, karena mendapat respon yang sangat baik di banyak kalangan hingga akhirnya mereka membuat jenis kerajinan bambu untuk kebutuhan lainnya. Hasil kerajinan bambu pada awal pembuatan itu hanya merupakan hasil alat rumah tangga saja.

Dengan adanya perkembangan jaman dan teknologi hingga saat ini, mereka sudah berhasil membuat kerajinan lebih dari 20 macam. Kerajinan bambu ini menjadi industri kreatif yang memiliki nilai budaya dan seni yang sangat tinggi. Tidak heran jika bahkan wisatawan luar negeri yang banyak sekali membeli untuk pajangan hasil seni. Hingga sekarang, masyarakat disana sudah memiliki banyak UKM kerajinan bambu, dan dijadikan iko dusun desa wisata Brajan.

Banyak dari pemerintah akhirnya turun tangan dan ikut mendukung UKM tersebut dengan cara melakukan pembinaan secara langsung. Ada beberapa UKM yang menjadi mitra binaan dari PT. Jasa Rahardja hingga mitra Universitas Islam Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, ternyata binaan ini kemudian didukung oleh Dikti RI dengan pengembangan desain yang bagus, hingga teknik pemasaran yang tepat sasaran. Maka, itulah sejarah singkat kenapa desa ini bisa disebut sebagai desa Brajan.

Keunikan dari Desa Wisata Brajan

Ternyata, desa Brajan ini tidak hanya memiliki kerajinan bambu luar biasa saja, ada banyak keunikan lainnya. Hal ini ialah kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat disana yaitu menyamput para wisatawan yang datang. Mereka menyajikan kesenian Kuntulan yang menjadi seni religius Islami dengan adanya campuran Kerawitan, Cokekan, Shalawatan dan juga kegiatan menarik lainnya. Para penduduk yang ramah dan juga pedesaan yang asri menjadi keunikan tersendiri yang menjadikan alam mereka sangat indah. Kamu bisa memanfaatkan jasa sewa mobil jogja lepas kunci untuk bisa berlibur di desa ini.

 

Jika kamu mencari keindahan eksotisme alam alami, maka bisa didapatkan di pedesaan ini dan mencoba beberapa hari menginap di desa wisata Brajan. Walau masih dikatakan desa, namun beberapa fasilitas modern dan juga sarana pendukung lain sudah cukup lengkap. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ada kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi. Kondisi jalan juga sudah cukup baik karena mendukung diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tempat Terdekat dan Akses Hotel dari Desa Brajan

Persiapan tempat penginapan dan juga tempat wisata terdekat yang mungkin bisa kunjungi saat berlibur memang cukup penting dipersiapkan saat berwisata. Di desa Brajan ini ada beberapa tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata. Ada desa wisata Banjaroya, goa Maria Jatiningsih, desa wisata Malangan, hingga aneka kerajinan bambu. Untuk hotel yang bisa kamu jadikan tempat penginapan dan berlindung selama berada di desa wisata Brajan yang dekat dengan tugu Yogyajarta ada Amaris Hotel Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *