5 Tempat Wisata Di Sekitar Candi Borobudur
Outbound Sambil Mempelajari Kesenian Rakyat? Kunjungi Desa Wisata Sambi Jogja
June 11, 2019
Tips Berwisata di Desa Wisata Nglinggo Jogja
June 30, 2019

5 Tempat Wisata Di Sekitar Candi Borobudur

5 Tempat Wisata Di Sekitar Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Selain itu candi ini juga merupakan salah satu Tujuan Wisata utama, Sehingga setiap hari ribuan pengunjung yang berwisata di Candi Borobudur ini. Lokasi Candi Borobudur ini berjarak kurang lebih 40Km dari kota jogja dan berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Karena menjadi salah satu tempat tujuan wisata utama, Mungkin bagi sebagian wisatawan bingung untuk menentukan tujuan wisata selanjutnya setelah dari candi borobudur ini. Mungkin bagi kamu yang menggunakan jasa Rental Mobil Di Jogja dengan menggunakan driver tidak akan bingung, Karena Driver pasti akan merecomendasikan tempat tempat yang bagus dan dalam 1 arah perjalanan. Nah untuk anda yang sedang berada di candi Borobudur dan bingung untuk menentukan lokasi wisata selanjutnya, Berikut ini kami merekomendasikan agar perjalanan anda lebih efektif dan juga efisien.

Bukit Rhema

Bukti rhema atau yang dikenal dengan nama Gereja Ayam ini sebenarnya bukanlah gereja dan bentuknya juga tidak seperti ayam. Bukit Rhema merupakan rumah doa bagi semua agama. Jadi semua agama bisa berdoa disana tanpa membeda bedakan keyakinan. Untuk bentunya juga sebenarnya berbentuk seperti burung merpati. Bukan berbentuk gereja ayam seperti yang dikenal sebagian wisatawan sekaramg ini.

Lokasi Bukit rhema ini kurang lebih 2KM dari candi borobudur. Sebenarnya lokasi wisata ini dikenal masyarakat belum terlalu lama. Lokasi ini terkenal berkat salah satu film layar lebar Ada Apa Dengan Cinta 2. Karena lokasinya yang sangat bagus dengan pemandangan alamnya yang sangat hijau karena terletak di tengah tengah hutan menjadikan tempat yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke jogja.

2. Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu spot yang sangat bagus untuk menyaksikan terbitnya matahari atau melihat golden sunset dengan latar belakang pemandangan gunung merapi dan juga gunung merbabu yang sangat megah, Disamping itu juga dari puncak bukit ini wisatawan yang mengunjungi juga bisa melih betapa megahnya candi borobudur di pagi hari dengan pemandangan candi yang diselimuti oleh kabut.

Bagi para pengunjung atau wisatawan yang ingin mengabadikan sebuah momen indah di punthuk setumbu ini, maka datanglah di sekitar bulan juni hingga agustus. Pada bulan inilah matahari akan tampak jelas tanda diselimuti sebuah mendung karena sudah memasuki musim kemarau. Di musim kemaru ini selain jalanan tidak becek juga tetapi momen indah dimana candi borobudur diselimuti kabut akan tetap terlihat sehingga momen yang pas untuk mengabadikannya.

baca juga : 13 bakso unik dan enak di jogja

Dari punthuk setumbu ini wisatawan juga dapat melihat bukit rhema atau yang lebih dikenal dengan nama gereja ayam yang sebenernra adalah tempat berdoa yang bentuknya menyerupai burung merpati.

Punthuk setumbu ini lokasinya ada di sekitar candi borobudur, tepatnya di dusun kerahan, karangrejo, Borobudur. Atau berjarak kurang lebih 3km dari candi borobudur dan 46 km dari kota jogja. Wisatawan dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin memakai mobil pribadi bisa sewa mobil jogja lepas kunci yang banyak di sediakan di jogja.

3. Candi Mendut

Nah, candi lain yang ada di sekitar candi borobudur salah satunya adalah candi mendut. Candi mendut ini dibangun pada masa dinasti syailendra, Raja Indra dengan banyak bukti sejarah yang dapat kita lihat mulai dari sebuah prasasti kayumwungan yang telah di temukan di karang tengah. Candi mendut ini berbentuk persegi yang dihiasi dengan stupa stupa kecil. Dan Faktanya ternyata candi mendut ini dibuat lebih dahulu dibanding candi borobudur.

Candi mendut ini adalah salah satu dari 3 rangkaian candi budha yang letaknya tidak berjauhan. Secara simbolis candi mendut ini adalah rangkaian dari candi borobudur dan juga candi pawon. Untuk acara waisak bagi umah budha juga rangkaian dimulai dari candi mendut ini, yang kemudian berjalan ke candi pawon dan puncaknya dicandi borobudur. Penasaran dengan candi mendut ini? langsung saja datang ke jogja dan berkeliling ke daerah candi borobudur dan sekitarnya.

4. Candi Pawon

Candi pawon sudah saya sebutkan di atas tadi, yaitu termasuk dalam 3 rangkaian candi antara borobudur dan juga mendut. Ukuran candi ini relatif kecil dan terdapat di antara rumah penduduk. Pawon dalam bahasa jawa berarti Dapur. Dalam bahasa jawa kuno pawon berarti pawuan atau sebuah tempat abu yang pada masa dinasti syailendra lokasi ini digunakan untuk menyimpan abu dari jenazah Raja Indra. Raja Indra adalah ayah dari Raja Samaratungga.

Candi pawon ini juga mempunyai nama lain yang bernama Candi Branjanalan yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan pusaka desa Indra yang merupakan dewa penguasa petir dan juga halilintar. Pusaka itu adalah Vajranala yang berasal dari kataa vajra yang mempunyai arti halilintar dan anala yang mempunyai arti Api. Branjanalan ini juga dijadikan nama dusun dimana lokasi ini sekarang berada.

Tertarik untuk mengunjungi lokasi ini? tapi anda dari luar daerah dan turun di bandara kulon progo? anda tidak perlu bingung karena di sekitar bandara kulon progo kini juga sudah banyak penyedia rental mobil kulon progo yang bisa anda sewa baik lepa skunci maupun memakai driver.

5. Arung Jeram Sungai Elo

Arung jeram sungai merupakan salah satu paket wisata yang ada di jogja yang bisa anda kunjungi. Wisatawan dapat menyusuri sungai Elo dengan grade II+, atau kategori untuk pemula dengan panjang rute sejauh 11 kilometer menggunakan perahu arung jeram atau lebih dikenal dengan rafting. Tidak perlu kuatir karena disini wisatawan akan didampingi oleh pemandu yang sudah profesional sehingga keamanan akan tetap terjaga. Star dari jembatan blondo magelang sejauh 11 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dengan finis di jembatan mungkid.

Sungai Elo ini adalah salah satu anak dari kali progo dengan karakter penampang sungai yang sempit dan juga debit airnya stabil sehingga cocok dijadikan rafting untuk pemula.Keindahan alam di sepanjang sungai elo ini menjadi daya tarik tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *