Thiwhul Yu Tum, Makanan Tradisional Yang Tak lekang Oleh Waktu | Ringgarentcar.com

Thiwhul Yu Tum, Makanan Tradisional Yang Tak lekang Oleh Waktu

Sewa Mobil Bulanan Di Jogja
August 10, 2017
The Lost World Castle, Wisata Baru Yang Jadi Primadona
August 12, 2017

Thiwhul Yu Tum, Makanan Tradisional Yang Tak lekang Oleh Waktu

Thiwhul Yu Tum

Banyak makanan tradisional yang sudah punah dan tergantikan oleh makanan modern yang lebih berkelas. Tetapi itu tidak berlaku bagi Thiwhul Yu Tum yang tidak akan pernah tergantikan. Thiwhul yang dijual oleh Tumirah atau lebih dikenal dengan nama Yu Tum ini merupakan kuliner tradisional yang masih eksis sampai saat ini, bahkan usahanya berkembang pesat. Bahan utama thiwhul ini adalah tepung gaplek.

Yu Tum ini menjual thiwhul sejak tahun 1950an dengan menjualnya secara berkeliling dari kampung ke kampung. Dan saat ini kesuksesannya sedang di dalam puncak. Secara Thiwhul Yu Tum ini sudah dipasarkan secara online melalui websitenya. Kunci dari kesuksesannya saat ini adalah karena menjaga resep dan citarasa yang tidak berubah dan tetap menggunakan bahan terbaiknya.

Yu Tum sendiri membuka usaha thiwulnya di jl pramuka no 36 Wonosari, gunungkidul. Setiap harinya bahan yang digunakan untuk membuat thiwul adalah 70Kg gaplek dan bisa sampai 1 kwintal pada saat musim liburan. Untuk tempat membawa pulang thiwul sebagai oleh oleh adalah dimasukan kedalam besek. Besek sendiri adalah anyaman yang terbuat dari bambu yang di bentuk menjadi tempat makanan. Karena makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet dan terjaga ke asliannya, maka makanan ini hanya bertahan 2 hari saja. Dan untuk harga Thiwul maupun Gatot adalah seharga 15.000 Rupiah per beseknya.

Disamping menjual Thiwhul dan gatot, Yu tum juga menjual makanan lain yang bisa di makan ditempat. Makanan tersebut antara lain adalah Gudeg yang terbuatdari gori, Nasi merah, empal, trancam dan masih banyak menu tradisional lainnya.

Selain itu yang wajib anda bawa pulang sebagai oleh oleh adalah belalang goreng. Mungkin bagi sebagian orang jijik melihat belalang goreng. Tapi bagi saya itu adalah makanan wajib sebagai oleh oleh dari gunung kidul. Disamping rasanya yang gurih juga kaya akan protein.

Tertarik untuk berwisata ke jogja?

kami menyediakan :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *