10 Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro Yang Ngehits Dan Populer | Ringgarentcar.com

10 Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro Yang Ngehits Dan Populer

30 Tempat Wisata Di Jogja Populer Beserta HARGA TIKET, Jam Buka dan Alamat Lengkap
May 4, 2019
10 Mie Ayam Paling Enak Di Jogja
May 5, 2019

10 Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro Yang Ngehits Dan Populer

Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro Yogyakarta

Tempat wisata di sekitar malioboro – Malioboro adalah sebuah icon kota jogja. Sebuah tempat dan pusat perbelanjaan ini selalu menjadi tujuan utama saat berlibur di jogja. Lebih dari 75% wisatawan yang berkunjung di jogja selalu mencari penginapan yang lokasinya di sekitar malioboro, Itu menunjukan bahwa anda tidak akan megunjungi Jogja apabila tidak mengunjungi malioboro.

Bagi anda wisatawan yang menginap di sekitar malioboro, ataupun yang hanya berwisata dengan tujuan malioboro, tentu ingin mencari tempat tempat wisata yang ada di sekitar malioboro. Mungkin mencari tempat yang bisa dijangkau dengan jalan kaki ataupun menggunakan kendaraan pribadi dalam beberapa menit saja. Nah berikut ini adalah tempat tempat di sekitar malioboro yang bisa anda kunjungi.

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

instagram @hanzadriell_

Pasar Beringharjo adalah pasar terbesar di jogja, Sebagai pasar tradisional dan pusat perbelanjaan bagi para wisatawan. Anda bisa membeli segala macam kebutuhan disini mulai dari batik, baju, sepatu hingga ke kuliner tradisional juga ada disini. Pasar beringharjo ini lokasinya hanya 200 meter dari malioboro.

Tidak purlu kuatir masalah harga, Di pasar beringharjo ini harganya murah dan bisa di tawar. Sebagaian besar wisatawan yang mengunjungi pasar beringharjo ini hanya untuk sekedar jalan jalan dan melihat lihat aja serta yang berniat untuk membeli baju batik. Karena di pasar ini baju batik yang di sediakan sangat lengkap dengan kualitas yang beranekaragam. Apabila anda masuk, langsung ketemu di pusat baju batik di jogja, karena lokasi penempatan baju batik ini tepat di sebelah pintu masuk pasar beringharjo.

Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta

instagram @veronicayant

Keraton yogyakarta ini juga termasuk sebuah tempat wisata yang paling wajib dikunjungi, Karena ciri khas jogja adalah malioboro, keraton dan juga tugu jogja. Seperti halnya di jakarta, anda tidak akan pernah sampai di jakarta sebelum ke monas, Begitu juga dengan jogja. Anda tidak akan sampai jogja sebelum mengunjungi 3 lokasi ini, yaitu malioboro, keraton dan juga tugu.

Keraton sendiri adalah sebuah istana kerajaan yang masih aktif sampai hari ini, Dengan raja yang sekarang ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X. Raja jogja yang sekaligus dan secara otomatis di angkat menjadi gubernur ini adalah salah satu yang membuat kota jogja mendapat predikat Daerah Istimewa.

Keraton yogyakarta ini dijadikan tempat wisata dan dapat dikunjungi secara umum setiap hari kecuali hari senin dari jam 08-00 – 14.00. Wisatawan dapat dan mempelajari tentang sejarah yogyakarta, melihat kesenian tari tari, melihat pusaka pusaka milik keraton, melihat koleksi keraton hingga melihat rumah yang dipakai buat tempat tinggal Raja.

Baca juga : Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci

Tamansari

instagram @yennychristine_

Tamansari ini berjarak kurang lebih 1,2km dari malioboro. Ditamansari ini kita bisa melihat sebuah mangunan kuno dengan arsitekturnya yang mewah dan bagus. Selain kolam kolamnya yang terkenal lorong lorong bawah tanah dan juga masjid bawah tanahnya yang membuat detak kagum para wisatawan menjadi daya tarik tersendiri. Di ujung daerah tamansari ini terdapat gedung kenongo yang juga merupakan bangunan tertinggi di tamansari ini. Dari sini kita bisa melihat keindahan Golden sunriseyang menawan dan mempesona.

Gedung ini dahulunya dipakai buat raja raja sebelumnya untuk melihat pemandangan alam dan golden sunrisenya yang sangat indah. Kini lokasi ini menjadi tempat umum yang juga sering dijadikan sebagai objek yang memberikan kesan kuno.

Tugu Jogja

tugu jogja

photo by @muthias_akhiyanto

Tugu jogja sebuah lambang dan icon kota jogja. Tugu jogja ini dibuat pada tahun 1755 oleh Raden Mas Sujuana atau dikenal dengan Sri Sultan Hamengkubuwono Pertama ini dengan maksut sebagai peringatan dan pemersatu andata keraton dengan rakyatnya. Sebenarnya tugu ini sudah di renovasi dan berubah bentuk. Awalnya tugu ini diberi nama tugu golong gilik yang berarti bulat dan lonjong. Tetapi karena gempa dahsyat pada tahun 1867 yang menghancurkan tugu ini, kemudian di renovasi dengan mengubah sedikit bentuk tanpa merubah makna. Untuk tugu yang berbentuk golong gilik kini juga da replikanya yang terletak di pojok / tenggara tugu jogja.

Keunikan lain dari Tugu jogja ini adalah berada di 1 garis imajiner antara pantai selatan, keraton yogyakarta, tugu, hingga ke gunung merapi dalam 1 garis lurus. Mitos lain yang kini beredar di tugu jogja adalah, barang siapa pernah mengunjungi tugu jogja ini, suatu saat pasti akan kembali ke jogja. Karena katanya jogja ini terbuat dari Rindu.

Tititk 0 kilometer

titik 0km

If @elma_novita

Titik 0 km adalah sebuah titik 0 nya kota jogja. Letaknya berada di sebelah selatan malioboro. Tempat ini sangat ramai dikunjungi pada malam hari oleh anak muda yang hanya untuk sekedar nongkrong, kumpul komunitas atau pertunjukan seni yang bebas anda tampilkan disini. Lokasi ini mirip dengan Kota Tuanya jakarta dan juga semarang, karena disini juga terdapat bangunan bangunan kuno arsitektur belanda yang kini menjadi kantor Pos Indonesia, Bank Indonesia, BNI, Beteng Vredeburg, Dan juga terdapat Istana Presiden Serta terdapat monumen serangan oemoem  1 maret.

Baca Juga : tempat wisata baru di Jogja

Benteng Vredeburg

Benteng bredeburg ini lokasinya hanya 500 meter selatan malioboro. Bangunan yang terkenal dengan loji tertua di sekitar malioboro ini terdapat bastion di keempat penjuru benteng.

Sejarah singkat pembangunan benteng ini adalah, Benteng ini dibangun oleh belanda atas persetujuan dari Sri Sultan HB1 pada tahun 1765. Pembangunan ini dilakukan di tanah miliknya Keraton Yogyakarta tetapi hak miliknya dikuasai oleh Belanda.

Nah karena kelicikan Belanda pada masa itu, ternyata pemerintahan belanda mengawasi gerak gerik aktifitas keraton yogyakarta hingga terjadinya perpecahan di kedua belah pihak dan akhirnya benteng ini menjadi pertahanan belanda dengan dibangunnya parit parit kecil yang mengelilinginya.

Taman Pintar

 

Taman pintar ini berjarak kurang lebih 500m dari malioboro atau 100 meter timur titik 0km. Taman pintar ini adalah sebuah tempat wisata sain dan edukasi bagi anak anak. Meski demikian tidak cuma anak anak aja yang bisa menikmati wisata ini. Para orang tua pun bisa menikmati apa yang di suguhkan di taman pintar ini.

Kita bisa menikmati majunya teknologi dijaman modern ini, Kita juga disuguhkan bagaimana caranya dinding bisa berdentum, parabola bisa berbisik, Dan kita juga bisa belajar untuk membuat Batik Tulis dan bisa dibawa pulang sebagai oleh oleh hasil kreasi sendiri. Tempat ini sangat di reccomendasikan bagi wisatawan yang membawa keluarga.

Museum Sonobudoyo

Museum sonoudoyo adalah sebuah museum sejarah dan bangunan jawa. Museum ini dianggap museum sejarah dan budaya yang paling lengkap di Indonesia setelah museum Nasional yang terletak di Jakarta sebagai ibu kota negara. Di dalam museum ini terdapat keramik pada jaman neolik, serta patung perunggu yang dibuat pada abad ke 8. Dimuseum ini juga terdapat berbagai bentuk wayang kulit, senjata kuno seperti keris dan tombak, Disini juga terdapat topeng jawa.

Yang menarik dari museum ini adalah terdapat adanya pertunjukan wayang kulit asli yang disuguhkan untuk para turis dan wisatawan. Pertunjukannya pun hanya singkat saja. Mulai pada pukul 8 malam hingga pukul 11 malam. Tertarik untuk mengunjungi lokasi ini? anda bisa memakai jasa rental mobil di jogja.

Museum Kereta Kraton

Museum kereta keraton ini lokasinya disebelah barat keraton yogyakarta atau tepatnya ada di jalan Rotowijayan, Yogyakarta. Museum ini di didirikan pada masa kepemimpinan raja Sri Sultan HB ke VI sebagai tempat penyimpanan beragam jenis kereta milik keraton yogyakarta yang nantinya akan di gunakan sebagai keperluan maupun untuk acara yang diadakan oleh Kraton.

Saat ini museum kereta ini mempunyai banyak kereta kuda yang umurnya sudah sangat Tua, Bahkan sampai ratusan tahun. Di museum ini juga ada kereta kuda yang pernah dipakai oleh pangeran diponegoro, kereta ini bernama kereta Mondro. Dan untuk kereta tertua yang ada di museum ini adalah kereta Nyai Jimad. Kereta Nyai Jimat ini dibuat pada tahun 1750 dan menjai kereta pusaka. Tota kereta yang ada di museum ini adalah 23 kereta kuda. Dan 18 kereta masih digunakan sampai saat ini untuk keperluasn Keraton yogyakarta.

Baja Juga : Sewa Mobil Matic Di jogja

Alun-Alun Kidul

Seperti pada kebanyakan kota, pasti mempunyai alun alun. Nah di Keraton yogyakarta ini juga mempunyai 2 alun alun. Di depan keraton ada alun alun utara, sedangkan di belakang keraton terdapat alun alun kidul. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan di alun-alun kidul atau yang sering di singkat dengan nama Alkid ini. Nah berikut ini aktifitas yang bisa anda lakukan di alkid.

  • Masangin
    Masangin adalah sebuah permainan atau tantangan dengan cara berjalan melewati tengah tengah pohon beringin kembar dengan cara mata di tutup. Apabila kita berjalan dari sisi utara kemudian menuju tengah tengah pohon beringin ini, Mitosnya segala bentuk permohonan kita akan dikabulkan. Banyak juga yang tidak bisa sampai ketengah dan malah berbelok belok. Konon katanya yang bisa berjalan lurus sampai ketengah adalah yang mempunyai hati bersih.
  • Menaiki Sepeda Hias
    Banyak yang menyediakan sepeda tandem yang kemudian dihias dan dibentuk beranekaragam seperti menyerupai mobil dan bentuk lain. Untuk menaiki sepeda hias ini di banderol dengan tarif 30.000 rupiah untuk 1 kali putaran.
  • Kuliner
    nah di alkid ini juga banyak jajanan dan kuliner yang cocok dipakai untuk nongkrong. Seperti berjualan angkringan, roti nakar, Cilok, leker, Es krim, tempura, wedang rondhe dan banyak jajanan kuliner lain yang bisa anda pilih sesuai selera. Nah untuk di jam 16.00 sampai 17.30 di sebelah barat ada jajanan kuliner yang sangat terkenal, yaitu cilok gajahan. Cilok ini sangat enak dan banyak sekali peminatnya. Tetapi anda harus sabar untuk antri apabila ingin mencicipi cilok yang satu ini. Karena meski membuat banyak, langsung ludes hanya dalam waktu 2 jam saja. Saya pernah antri dari pada saat buka dan dapat jatahnya pas mau habis. mantap skali pokoknya

Nah, Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *