Dramatisnya Matahari Terbit dan Tenggelam di Puncak Batu Miring | Ringgarentcar.com

Dramatisnya Matahari Terbit dan Tenggelam di Puncak Batu Miring

Tempat Wisata Menarik Di Jogja Ini Jarang DI Kunjungi Wisatawan
October 12, 2018
Sensasi Menginap ala Boneka Rumah Paris Bed & Breakfast
October 16, 2018

Dramatisnya Matahari Terbit dan Tenggelam di Puncak Batu Miring

puncak batu miring

foto by @anggaherupratama

Dramatisnya Matahari Terbit dan Tenggelam di Puncak Batu Miring

Rekreasi adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa tidak dikatakan sebagai satu kebutuhan yang penting. Pasalnya semakin bertambah usia seserorang, maka semakin banyak juga berbagai tekanan  atau tugas serta tanggung jawab yang diemban oleh masing-masing orang tersebut. Bersumber dari alasan inilah liburan menjadi salah satu kegiatan yang wajib kamu agendakan setidaknya selama setahun satu kali saja. Setelah memuat tubuh bekerja keras dengan segala aktivitas wajib, kamu harus memberikan reward untuk kerja kerasmu itu dengan berlibur supaya badanmu kembali segar.

Berlibur tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia sendiri masih tersuguhkan banyak sekali destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Seperti salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Yogyakarta ini. Nama lokasi wisatanya adalah Batu Miring. Dari lokasi wisata yang terdapat di Yogyakarta ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana dramatisnya matahari saat terbit dan bagaimana dramatisnya matahari saat tenggelam.

Rute Menuju Batu Miring

Untuk dapat sampai ke tempat wisata satu ini, kamu harus melalui berbagai rute yang di antaranya dari Yogyakarta kamu harus mengarahkan perjalanan kamu menuju Godean. Sesampainya di Godean, kamu masih harus melanjutkan perjalanan tentunya menuju ke arah Kulon Progo yang berada di jalur Barat. Jika sudah sampai di destinasi ini, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju Nanggulan, Dekso, Samigaluh, Pasar Plono, Kebun teh Nglinggo, dan terakhir hingga kamu sampai di lereng Gunung Kukusan.

Dengan rute yang begitu panjang berbelok ke kanan serta ke kiri tersebut, kamu harus mempersiapkan diri menempuh perjalanan dengan total jarak sejauh 28 KM. Total jarak yang harus kamu lalui ini memiliki waktu tempuh sekitar 90 menit atau satu setengah jam lamanya dari pusat kota Yogyakarta. Untuk dapat mengunjungi destinasi wisata ini, kamu hanya diharuskan untuk membayar biaya parkir sebesar 10.000 rupiah untuk motor dan 20.000 rupiah untuk mobil. Rute jalan yang berkelok kelok dan banyak turunan dan tanjakan yang curam mengharuskan kita lebih berhati hati dan fokus dalam mengendarai. Apabila anda sewa mobil di jogja alangkah baiknya kalau menggunakan jasa driver sekalian. Karena disamping driver sudah hafal dengan medan juga membuat anda lebih nyaman dan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah di lereng bukit menoreh ini. Tetapi kalau mau sewa mobil jogja lepas kunci juga tidak masalah, yang penting tetap fokus dan hati hati mengingat rute perjalanan yang ekstrem ini.

sumber ig @mochamadrezaamif

Wisata Batu Miring ini berlokasi tak jauh dari kaki Gunung Kukusan. Dari objek wisata yang satu ini kamu dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh alam sekitar Batu Miring. Di samping bisa menikmati indahnya pesona alam di sekitar Batu Miring, kamu juga bisa menyaksikan keindahan dari saat matahari terbit atau pada saat matahari terbenam. Panorama alam yang ditawarkan melalui Batu Miring ini sangatlah eksotis. Sehingga sangat sayang untuk kamu lewatkan jika sedang berkunjung ke Batu Miring.

Tips Penting Saat Mengunjungi Batu Miring

Untuk menuju ke wisata alam yang satu ini, kamu harus menyiapkan kendaraan pribadi atau menyewa sebuah kendaraan. Hal itu disebabkan oleh tidak tersedianya akses kendaraan umum yang mengarah menuju destinasi wisata satu ini. Di samping itu 200 Meter menuju kaki gunung kukusan juga kamu hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Hal ini tidak terlalu sulit ya karena jaraknya lumayan dekat.

Sementara untuk dapat mencapai puncak Batu Miring sendiri, kamu diberikan alternative 2 pilihan rute, yaitu pertama jalur kiri yang akhirnya akan membawa kamu ke puncak dempok. Sementara jalur kedua adalah jalur kanan yang notabene akan membawa kamu ke puncak yang berbeda, yaitu puncak kendeng. Jika kamu ingin menuju puncak tertinggi, maka jalur yang harus kamu ambil adalah jalur kanan menuju ke puncak kendeng. Kedua puncak tersebut sama-sama akan menawarkan indahnya pesona alam pegunungan yang disertai dengan eloknya pemandangan lembah yang ada disana.

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *