Mitos Terkenal Yang Ada Di Jogja | Ringgarentcar.com

Mitos Terkenal Yang Ada Di Jogja

Bakso Degan Berkah | Kuliner unik Jogja
June 5, 2017
Watu Lawang, Menikmati Mangunan Dari Atas Tebing | Wisata Baru Di Jogja
June 7, 2017

Mitos Terkenal Yang Ada Di Jogja

Mitos Yang Ada Di jogja

Jogja  merupakan salah satu kota yang terkenal akan kekentalan budayanya, Tentu saja masih banyak mitos-mitos dan misteri yang masih banyak orang percayai. walau begitu, banyak juga yang menganggap itu hanya cerita belaka dan tidak percaya. menurut kalian gimana guys?

Berikut ini adalah mitos-mitos yang beredar di kota wisata ini.

  1. Saat ke Pantai Parangtritis tidak moleh memakai baju warna hijau

Sampai saat ini mitos ini masih sangat kental. Bahkan banyak orang yang memperingatkan orang yang berwisata di jogja untuk tidak mendatangi pantai ini apabila memakai pakaian berwarna hijau.

Kawasan Parangtritis terkenal dengan sosok ratu pantai selatan yang dikenal dengan nama nyiroro kidul. Konon kalau memakai baju hijau akan terseret ombak dan menjadi budak ratu pantai selatan ini.

2. Dilarang ke candi prambanan saat sedang pacaran

mungkin kalian pernah membaca tentang legenda Candi Prambanan. Konon katanya,  Bandung Bondowoso mencintai dan ingin meminang Roro Jonggrang. tetapi Roro Jonggrang tidak meolaknya, akhirnya ia mengajukan syarat kalau mau menerima, yaitu bandung bondowoso disuruh membangun seribu candi dalam semalam. Saat candi akan selesai dibangun roro jonggrang berbuat curang hingga akhirnya bandung bondowoso murka.

Dari legenda itu maka mitos orang pacaran akan senasib dengan cerita roro jonggrang.

3. Sri Sultan tidak boleh melewati Plengkung Gading

Pada jaman dulu plengkung gading ini adalah gerbang keluar masuknya pintu keraton bagi raja yang telah meninggal. Konon untuk raja yang masih hidup dilarang untuk melewatinya.

4. Melewati Beringin Kembar di Alkid dengan mata tertutup

Konon yang bisa melewati di tengah pohon beringin denganmata tertututp maka cita citanya akan terkabul. Dan hanya orang yang hatinya bersih yang bisa melewatinya.

5. meminum air slokan mataram

Slokan mataram merupakan saluran air yang dibuat pada jaman penjajahan belanda. Dan Sri Sultan memerintahka untuk membuat slokan ini agartidak dipaksa kerja rodi. Konon katanya siapa saja yang meminum air slokan ini maka dia akan kembali ke jogja lagi dan selalu kangen dengan jogja.

6. Tidak Boleh Foto Di Gerbang UGM bagi mahasiswa UGM

Katanya buat mahasiswa yang belum lulus dilarang foto disini. Dan kalau nekat maka akan menjadi mahasiswa abadi. hehe ngeri juga ya.

7. Orang Gunung Kidul Harus mengjadap selatan apabila sedang ngulek

Katanya orang gunung kidul kalau sedang ngulek sambel atau ngulek bumbu harus menghadap keselatan guna menghormati kanjeng ratu kidul. aneh ya?

nah tadi itu merupakan mitos mitos yang ada di jogja.

baca juga :

rental mobil lepas kunci jogja

kuliner unik di jogja

kuliner legendaris di jogja

sewa mobil lebaran di jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *