Cerita Perjalanan Wisata Ke Jogja Hari Pertama bersama Ringga Rent Car

Cerita Perjalanan Wisata Ke Jogja Hari Pertama bersama Ringga Rent Car

desa wisata Trumpon
Pesona Gunung Merapi sebagai Spot Foto di Desa Wisata Trumpon
April 29, 2019
Inilah Sejarah dan Koleksi Museum Rumah Budaya Tembi Yogyakarta
May 2, 2019

Cerita Perjalanan Wisata Ke Jogja Hari Pertama bersama Ringga Rent Car

ig @sukiminthio

Liburan Hari Pertama Di Yogyakarta Bersama Mbak Citra Dari Jakarta

Cerita Perjalanan Ke Jogja – Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling saya impikan untuk di kunjungi. Entah apa yang membuat kota ini paling aku rindukan, Tapi kata orang orang yang pernah berkunjung ke jogja, Kota ini terbuat dari rindu yang apabila pernah datang ke jogja maka akan merindukannya kembali. Mungkin rasa penasaran ini adalah salah satu alasan saya sangat ingin mengunjungi kota jogja ini.

Sebelumnya perkenalkan dulu, Saya Citra. Saya seorang mahasiswi dari jakarta. Saya ke jogja bersama sahabat saya adinda. Kami berdua sebenarnya sudah lama merencanakan untuk ke jogja. tetapi baru tanggal 5 februari 2019 kemaren saya sempet berkunjung ke jogja. Sebelum ke jogja sebenarnya saya sudah browisng tempat tempat mana saja yang akan kami kunjungi. Kami juga sudah menyiapkan transportasi untuk berkeliling di jogja. Tetapi kemudian saya ingat Ringga yang tinggal di jogja dan kebetulan membuka usaha sewa mobil di jogja. Akhirnya saya menghubungi Mas Ringga dan menceritakan keinginan kami untuk berlibur ke jogja dan diluar dugaan, Mas Ringga menawari saya untuk diajak berlibur secara geratis dan diantar keliling langsung. Mantap pokoknya.

Pada tanggal 5 februari pukul 5 pagi saya sampai di stasiun tugu yogyakarta. Dan saya sudah di jemput sama Mas Ringga. Setelah sedikit berbincang bincang Mas Ringga menanyakan tujuan kita mau kemana dulu. Tapi karena kami buta dengan wisata di jogja kami kami hanya mengikuti saja. Terserah mau dibawa kemana. hehehe.

 

Nah berikut ini akan saya ceritakan Rute wisata di jogja yang kami kunjungi.

Soto Kadipiro

Soto kadipiro ini adalah tempat sarapan pertama di jogja. Konon katanya soto kadipiro ini adalah salah satu soto legendaris yang ada di jogja. Soto ini didirakan pada tahun 1921 oleh bapak Karto wijoyo yang kini sudah di turunkan ke anak cucunya. Kalau dilihat sekilas soto kadipiro ini seperti soto pada umumnya. Hanya kuah kaldu, nasi, daging ayam dan juga sedikit sayul kol dan beberapa bawang goreng dll. Tetapi untuk rasa benar benar layak untuk dijuluki soto legendaris di jogja. Saya pasti akan kesini kembali saat berlibur ke jogja.

di Dinding warung soto ini juga terdapat banyak ornamen ornamen jawa yang menghiasi membuat warung soto ini seperti peninggalan jaman dulu. Membicarakan tentang soto kadipiro ternyata warung ini tidak cuma ada 1, tetapi ada beberapa dengan lokasi berdekatan dan berseberangan.

Nah apabila anda mau kesini, anda dapat datang langsung ke jalan wates Km 2. sebelah barat perempatan wirobrajan. Dan soto disini tidak bisa di bungkus menggunakan plastik. Apabila mau bungkus soto ini bisa membawa rantang ataupun membeli rantang sendiri. Konon katanya untuk menjaga cita rasa agar tidak berubah saat sampai di rumah. Nah setelah sarapan di soto kadipiro ini kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur.

 

Candi Borobudur

Siapa yang belum pernah mendengar tentang megahcan candi borobudur ini? Candi borobudur ini adalah candi budha terbesar di dunia dan pernah masuk kedalam 7 keajaiban dunia. Tidak dapat dipungkiri candi borobudur ini adalah salah 1 tempat wisata di Indonesia dan memperkenalkan Indonesia di kancah paraiwisata dunia.candi borobudur

Untuk masuk ke area parkir candiborobudur dikenakan tarif parkir sebesar 10.000 rupiah. Dan untuk masuk ke candi borobudur dikenakan tarif sebesar 40.000 rupiah untuk wisatawan domestik. dan 270.000 rupiah untuk mancanegara. Nah Candi borobudur ini salah satu tempat wisata yang sangat banyak wisatawan mancanegara nya Karena memang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dan luar negri.

Dari tiket masuk candi borobudur sampai ke area candi cukup melelahkan ditambah panasnya matahari yang sangat menyengat. Tetapi setelah sampai di candi mata saya langsung tercengang. Wow indahnya dan megahnya candi borobudur ini. Langsung deh foto foto. Cukup melelahkan gaes perjalanan ke candi borobudur ini, Karena tempatnya yang begitu luas, Ditambah pada saat keluar candi harus muter muter di tempat jualan. Menambah rasa lelah yang luar bisa.

Nah setelah keluar dari candi borobudur dan sesampainya di parkiran mobil kami, tentu rasa lapar sudah menyelimuti perut kami. Nah dari sini kita melanjutkan perjalanan untuk makan siang. Nah makan siang kali ini kita menuju rumah makan yang serba jamur. Dimana lagi kalau bukan jejamuran.

Jejamuran Resto

Awalnya saya sempet ragu dengan Mas Ringga yang merecomendasikan makan siang di jejamuran. Karena menu makanan disini adalah sebra jamur. Awalnya saya berfikir ah masak cuma makan jamur, ah kenya jamur kurang cocok, Apa iya jamurnya enak kok katanya terkenal? Ah paling juga cuma kek gtu rasanya. Iya pertanyaan itu selalu terngiang di pikiran saya ketika perjalanan menuju jejamuran. sekitar 1 jam perjalanan sampailah di rumah makan Jejamuran ini.

Kesan pertama sampai rumah makan jejamuran ini adalah Wow keren. Parkirannya sangat luas, dan itu tidak muat dan harus di parkiran sebelah utara sekitar 100m. Dari tempar parkiran menuju rumah makan di sediakan suttle berupa kereta mini yang antar jemput pelanggannya secara gratis. Jujur dari kesan pertama seakan tidak percaya, Benarkan ini semua hanya untuk memakan semua jamur? dari situ rasa penasaran mulai muncul.

Setelah memasuki resto nya, Terliaht sangat mewah dengan tempat yang sangat luas. Di sini juga ditanami beraneka ragam jenis jamur untuk memperkenalkan kepada pelanggannya. Dan saya baru tau ternyata jenis jamur itu sangat banyak sekali. Ditambahi dengan suasana yang nyaman dengan live musiknya. Kemudian setelah mendapatkan tempat duduk, yang timbul dipikiran saya adalah pasti mahal makan disini.jejamuran

Sampailah daftar menu sampai di meja kita, dan saya mulai memilih makanan yang akan saya coba icipi. Saya mendapat rekomendasi untuk memakan sate jamur dan juga jamur bakar pedas Dan sahabat saya adinda memesan sop jamur dan tongseng jamur. Dan untuk minumnya kita memesan es beras kencur dan juga es cendol jamur. Untuk harganya pun terbilang relatif murah untuk ukuran resto dengan kualitas dan pelayanan seperti ini. Karena hanya berkisar 10 ribu hingga 20 ribu aja untuk 1 porsinya.

10 menit kemudian makanan sudah datang, Dan kesan pertama adalah proses hidangan yang cepet, padahal lagi ramai banget. Langsung deh icip icip menu kami, Dan saling icip dengan menu yang di pesan oleh Dinda. Hmmm luar biasa, jauh sekali dari ekpektasi saya. Salah besar kalau saya menganggap jamur itu kurang menarik. Rata rata makanan yang saya coba kalau saya nilai 1 sampai 10. saya akan memberikan nilai 9. Itu penilaian saya yang nota bene tidak terlalu suka dengan jamur. Rasa jmurnya tidak begitu kerasa, justru rasanya malah seperti daging. Inilah kelebihan masakan jamur disini. Jauh berbeda dengan rasa jamur di rumah makan lain. Mungkin saya akan merekomendasikan tempat ini kepada teman teman saya yang sedang berwisata di jogja untuk makan disini. Setelah selesai makan dan sediki bercengkerama kita mulai kebingungan untuk melanjutkan perjalanan. Kita bingung mau kemana, Dan mas ringga memberikan beberapa pilihan yang bisa kita tuju. Yaitu Lava tour merapi, disini kita harus menyewa sebuah jeep untuk mengelilingi bekas erupsi merapi 2010 silam. Kemudian dikasih pilihan ke merapi park jika ingin berfoto foto, candi prambanan dan juga museum ullen sentalu yang konon katanya menjadi museum terbaik di indonesia. Setelah berdebat dengan dinda akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi lava tour merapi.

 

Baca juga : wisata kuliner di jogja

Lava Tour Merapi

Lava tour ini terletak di kaliadem cangkringan. Saat memasuki area wisata kaliadem disini banyak banget yang menyediakan jasa sewa jeep untuk berkeliling di bekas bekas erupsi merapi. Akhirnya saya berhenti di JMC atau Jeem Merapi Comunity. Jeep yang disewakan disini harus menggunakan driver dari sana. Karena driver juga akan menjadi guide. Untuk tarifnya pun bermacam macam tergantung paket yang ditawarkan. Yaitu Short trip, medium trip dan juga long trip. Untuk short trip tarifnya 350rb, Untuk medium tarifnya 450rb dan untuk long trip tarifnya 550rb.

Kami memutuskan untuk memilih short trip. Nah untuk short trip ini kita akan mengunjungi yang pertama adalah museum mini sisa hartaku. Di museum mini sisa hartaku ini kita bisa melihat berbagai jenis barang sisa dari erupsi merapi seperti kerangka sepeda motor yang habis terbakar, jam dinding, sepeda, dan berbagai jenis barang lain yang sudah tidak berbentuk karena terbakar oleh panasnya lava pijar.

Setelah mengunjungi museum mini sisa hartaku dilajut untuk mengunjungi batu alien. Di batu alien ini adalah spot foto yang cukup unik. Karena disamping pemandangan yang bagus apalagi disaat cuaca yang sedang cerah juga karena adanya batu raksasa yang cukup unik. Batu ini sekilas hanya batu biasa yang ukurannya cukup besar. Tetapi apabila batu ini di foto maka hasil fotonya batu ini sangat mirip dengan wajah manusia. Oleh sebab itu tempat ini diberi nama batu alien.bunker kaliadem

Setelah mengunjungi batu alien, kemudian melanjutkan trip di bunker kaliadem. Bunker ini dibuat sebagai tempat erlindungan darurat saat adanya letusan merapi. Diharapkan dengan adanya bunker ini bisa menyelamatkan orang yang berada di sekitar lokasi saat adanya erupsi atau wedus gembel. Di dalam bunker ini sebenarnay banyak fasilitas yang sudah di sediakan termasuk adanya AC dan juga toilet dan kamar mandi. Nah bunker kaliadem ini mempunyai sejarah yang kelam. Pasalnya bunker yang dibuat untuk menyelamatkan orang yang berada di sekelilingnya justru membuat orang yang sembunyi didalam bungker tersebut terjebak dan tidak bisa keluar. Akhirnya ada 2 orang relawan yang hangus terbakar di dalam bunker ini. Nah untuk evakuasi pun katanya membutuhkan waktu beberapa hari karena bunker ini tertanam oleh pasir dan material hasil erupsi merapi yang sangat panas dengan tingkat kepanasan lebih dari 1000 derajat celcius. Sehingga harus menunggu dingin terlebih dahulu untuk evakuasi. Kini bunker itu sudah tidak lagi dipergunakan dan kini dijadikan obyek wisata yang sangat bagus. Bunker kaliadem ini adalah tempat wisata terdekat dengan puncak merapi, sehingga keagungan gunung ini dapat kita lihat jelas. Setelah dari bunker kaliadem kita turun kembali ke basecamp jeep dan perjalanan menyusuri lava tour sudah selesai.

baca juga : 5 tempat wisata baru di jogja

Tebing Breksi

Nah untuk Rute yang terakhir, kami melanjutkan perjalanan untuk melihat sunset di tebing breksi. Tebing breksi ini dahulunya adalah sebuah pegunungan batu dan ditambang atau di gali. Sisa untuk galiannya kemudian di olah sedemikian rupa dan di ukir menjadi ornamen ornamen yang mengandung seni tinggi sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi lokasi ini. Siang dan malam pun sangat ramai.tebing breksi

Tiket masuk obyek wisata yang satu ini cukup murah. Hanya dengan membayar 5000 rupiah perorang dan parkir mobil 5000 kita bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Kita bisa melihat candi prambanan di ujung utara dan juga kota jogja di ujung barat. Dari sini juga kita bisa melihat bandara adi sucipto dan pesawat pesawat yang sedang naik maupun turun dengan jelas.

Setelah terbenamnya matahari, lampu lampu mulai dinyalakan. Dan disini lah pemandangan yang tak kalah bagus di suguhkan di tebing breksi ini. Lampu lampu yang menyoroti tebing breksi menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian pengunjung yang ada disini. Kita juga bisa menikmatinya sambil makan malam disini, Karena disini juga telah di sediakan restoran dengan pemandangan alam yang sangat menarik. Hanya saja menurut saya rasa makanannya kurang enak. Tetapi kalau mementingkan suasananya, tempat ini rekomended banget

Setelah puas menikmati perjalanan, kita lanjut ke hotel untuk chek in dan istirahat.

Nah, untuk anda yang sedang berlibur ke jogja, silahkan anda menggunakan jasa sewa mobi di Ringga Rent Car yang terletak di jl ringroat utara, depok sleman. Lokasinya tidak jauh dari bandara. Sangat rekomended karena mobil mebil yang di sediakan adalah keluaran terbaru semua. Ringga Rent Car menyediakan sewa mobil jogja lepas kunci maupun memakai driver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *