Kuliner Legendaris Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Kuliner Legendaris Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

KETEP PASS, Wisata Romantis dan Melihat Keindahan Merapi dan Merbabu Dari Puncak
October 21, 2016
6 pantai cantik di bantul yogyakarta
October 25, 2016

Kurang lengkap rasanya saat berjalan-jalan di Jogja tanpa mengunjungi tempat-tempat kulinernya.. Banyak sekali tempat kuliner yang direkomendasikan melalui sosial media dan pastinya akan membuat kamu bingung mau memilih yang mana..
INILAH tempat-tempat kuliner yang memang WAJIB kamu kunjungi :

1. Gudeg Pawon

gudeg pawon

Warung makan gudeg yang buka pukul 10 malam ini biasanya sudah habis saat pukul 11 malam. Mungkin inilah warung gudeg yang paling cepat habis di Jogja. Selain gudegnya yang memang maknyus, sensasi makan di sini adalah mengambil langsung dari dapurnya dan melihat proses memasaknya yang masih dilakukan dengan cara tradisional.

Harga per porsi kurang lebih IDR 25.000,- untuk seporsi nasi gudeg, ayam, telor dan krecek. Buat kamu yang penasaran dengan gudeg pawon, kami sarankan datang pukul 9 malam daripada kamu tidak kebagian. Tertarik untuk mencobanya ? Jangan takut untuk mengantri karena it’s worthed to try !

2.  Mangut Lele Mbah Marto

mangut lele mbah martoInilah salah satu kuliner blusukan di kota Jogja karena lokasinya yang memang dulunya tidak terdeteksi oleh Google Map. Mangut Lele Mbah Marto terletak di selatan kota Jogja tepatnya di Dusun Sewon, Bantul, Yogyakarta. Untuk ke lokasi kuliner ini kamu harus melewati gang-gang sempit dan mungkin ada baiknya jika bertanya kepada warga sekitar agar tak salah tempat.

Di sini kamu bisa mengambil nasi sepuasnya dan memilih lauk apa yang kamu inginkan langsung dari dapurnya yang masih tradisional dan perlu kamu ingat, yang harus kamu coba disini adalah Mangut Lele karena menu yang satu ini rasanya mantab banget dan menjadi ciri khas tempat makan ini karena tidak ada di tempat makan lainnya.

Mangut Lele Mbah Marto buka mulai jam 11 siang dan untuk menikmati hidangan lengkap mangut lele beserta kawan-kawannya kamu cukup mengeluarkan uang sebesar IDR 22.000,- saja. Tertarik untuk mencobanya ?

 

3. Bakmi Jawa Mbah Gito

bakmi mbah gitoMain ke Jogja belum afdol kalau kamu belum mampir ke warung bakmi jawa mbah Gito. Warung sederhana dengan interior njawani ini berlokasi di Jl. Ni Ageng Nis, No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Kamu akan dibuat takjub ketika memasuki warung bakmi mbah Gito.

Hampir keseluruhan interiornya didominasi dengan materi kayu. Bahkan ada beberapa yang masih berwujud kayu mentah seperti pohon yang menambah keunikan dari tempat ini. Terlebih lagi, di bagian pojok warung, kamu akan melihat panggung mini yang memang sebagai tempat pertunjukan wayang kulit setiap malam minggu.

Di warung ini kamu bisa mencicipi ragam menu khas yang disajikan, mulai dari bakmi godhog, bakmi goreng, hingga nasi goreng cukup dengan IDR 20.000,- sampai dengan IDR 30.000,- (kurang lebih). Menu minuman yang wajib kamu coba adalah teh poci gula batu. Perpaduan antara aroma teh yang khas dengan manis yang pas dari gula batu mampu menjadi teman saat santap malammu.

Warung bakmi Mbah Gito buka dari 11.00 hingga 23.00, tapi kami sarankan agar kamu datang lebih awal karena semakin malam tempat ini akan semakin ramai.

 

4. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini adalah salah satu mie ayam tersohor dan fenomenal di daerah Jogja selatan. Kuahnya yang kental dan cekernya membuat banyak orang ingin selalu mampir ke warung mie ayam ini untuk makan siang. Jika kamu ke sini setiap jam makan siang dijamin antriannya sudah cukup panjang tapi semua itu akan terbayarkan dengan rasa mie ayam yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Untuk soal harga mie ayam ini sangat terjangkau yaitu kurang lebih IDR 8.000,- per mangkoknya tapi untuk ukuran jumbo kamu harus menambah beberapa ribu rupiah saja. Tertarik untuk mencobanya ?

5. Klinik Kopi

klinik kopiMemulai bisnisnya sejak Juli 2013, Klinik Kopi menawarkan banyak pilihan biji kopi Arabika dari seluruh Indonesia, sebut saja Takengon, Bajawa, Baliem, Kintamani, Ciwidey, Sunda Jahe, Nagari Lasi, Blue Batak, Lencoh Merapi, Java Tobacco, Papua dan lainnya.

Salah satu tempat yang dijadikan tempat shooting Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) ini, hadir dengan misi sederhana yaitu mengedukasi para peminum tentang bagaimana minum kopi secara benar dan berbagi cerita tentang kopi yang mereka sajikan.

Klinik kopi buka mulai pukul 16:00 WIB sampai dengan 24:00 WIB jadi pastikan kamu datang lebih awal agar tidak terlalu menunggu lama untuk menikmati secangkir kopi yang tersaji hangat dari sang barista “Mas Pepeng”. Oh ya, kalian bisa pesan juga banana cake atau cake tape singkong karena ini enak banget

6. Gudeg Mercon Super Pedas Bu Tinah

gudeg mercon jogjaKalau kamu tidak suka gudeg karena citarasanya yang terlalu manis, mungkin ada baiknya kamu mencoba kuliner yang satu ini. Gudeg Mercon Bu Tinah yang berlokasi di Jl. Asem Gede (warung tenda menghadap ke barat) merupakan salah satu kuliner malam paling favorit di kota Jogja, terutama bagi mereka yang ingin merasakan sensasi makan gudeg dengan citarasa yang pedas.

Warung yang buka mulai pukul 21:30 WIB ini, menyajikan menu khas yaitu gudeg mercon. Dari namanya saja kamu pasti sudah kebayang pedasnya bukan ? tapi jangan salah, pedas di sini bukan sembarang pedas lho ! tapi pedasnya , pedas nikmat !

Untuk menemani kamu saat menyantap gudeg mercon, di warung ini juga menyediakan aneka jajanan seperti sate, gorengan, dsb. Untuk satu porsinya gudeg mercon dibandrol dengan harga kurang lebih IDR 20.000,-. Apakah kamu tertarik mencobanya ? tapi ingat jangan datang terlalu malam ya atau kamu harus sabar antri.

7. Mpok Duren

mpok durenInilah es duren paling juara di Jogja, buat kamu para penyuka duren wajib mencoba es duren di Mpok Duren ini. Buka mulai pukul 11 siang ini dan tutup pukul 6 sore, menyediakan berbagai macam pilihan jenis es duren seperti duren panda, duren alpukat, duren bronis, duren oreo, dsb.

Es durennya sendiri dibandrol dengan harga IDR 15.000,- untuk per porsinya. Harga yang cukup worthed untuk menikmati sensasi es duren yang berbeda dari es duren yang sejenis. Es duren di Mpok Duren lebih berasa durennya, lebih kental dan durennya banyak banget.

8. Soto Pak Slamet

Inilah soto ayam langganan petinggi negeri ini, mulai dari Wakil Presiden Indonesia hingga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Sajian soto ayam yang khas dengan kuahnya yang segar membuat pelanggan warung soto ini selalu datang kembali untuk sekedar sarapan di sini.

Soto ayam yang buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pukul 4 sore ini juga menyediakan berbagai macam jajanan tradisional seperti lupis, carang gesing, tahu bacem, sate telor, sate ayam, dll. Bagi kamu yang menyantap Soto Pak Slamet jangan lupa untuk mencoba sate telor atau sate ayam karena ini enak banget. Selain itu, lupis di sini juga sangat enak dan bisa kamu jadikan sebagai hidangan penutup.

Untuk harga sendiri Soto Pak Slamet dibandrol dengan harga soto campur sebesar IDR 9.000,- dan soto pisah sebesar IDR 12.000,-. Untuk minumnya sendiri bervariasi mulai dari IDR 3.000,- hingga IDR 8.000,-. Harga ini sangat pantas karena sebanding dengan nikmatnya soto ayam ini.

Kalau kamu bingung atau tidak tahu lokasi tempat kuliner ini.. Kamu bisa download aplikasi kuliner ini

9. Tongseng Ayam Sudimoro

Salah satu lokasi kuliner di daerah Bantul, Yogyakarta yang wajib kamu coba adalah Tongseng Ayam Sudimoro yang berlokasi di selatan pasar bantul. Lokasi kuliner ini cocok buat kamu yang ingin makan tongseng atau gulai tapi tidak bisa makan daging kambing atau tidak boleh lagi konsumsi daging kambing.

Daging ayam disini memiliki tekstur seperti daging kambing karena ayam yang digunakan adalah ayam jago. Menurut pemilik warung, daging ayam jago lebih berurat dan apabila bisa mengolahnya akan lebih empuk dan gurih sehingga cocok untuk tongseng dan gulai.

Tongseng & Gulai Ayam Sudimoro buka mulai pukul 7 pagi sampai sekitar pukul 3 sore, tapi biasanya sudah habis seusai jam makan siang. Cukup dengan IDR 9.000,- kamu sudah bisa menikmati sepering tongseng ayam yang nikmat dan nasi putih.

10. Sate Petir Pak Nano

Inilah warung makan sate kambing dan tongseng paling cetar dan legendaris di Jogja. Kenapa disebut cetar ? Karena kamu bisa memilih level pedas yang kamu mau mulai dari level TK sampai dengan level profesor! Dijamin kamu bakal keringetan dan ketagihan setelah makan satu porsi Sate Petir Pak Nano.

Apakah karena rasa pedasnya saja tempat menjadi spesial ? Eitss.. ternyata daging kambing di sini juga sangat empuk makanya banyak orang yang suka makan Sate Petir Pak Nano. Selain rasanya, daging yang digunakan juga empuk sehingga menambah kenikmatan sate petir ini.

Untuk seporsi sate, nasi dan minum kamu cukup membayarnya dengan harga kurang lebih IDR 27.500,- saja. Sate Petir Pak Nano buka mulai pukul 1 siang sampai dengan 5 sore, tapi biasanya sebelum jam 5 sore sate ini sudah habis diserbu pelanggan.

11. Bakso Pak Jam

Lokasinya berada di tengah perkampungan dan cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Namun tetapi tidak membuat tempat makan yang satu ini sepi dari pengunju ng. Rasa bakso yang spesial adalah alasan mengapa tempat makan “mblusuk” ini selalu didatangi pelanggannya. Bakso di sini hanya terbuat dari daging sapi tanpa menggunakan banyak campuran. Hal ini yang membuat rasa bakso racikan Pak Jam begitu spesial.

Bakso Pak Jam memiliki tekstur kenyal di bagian luar dan pada bagian dalamnya begitu lembut. Selain itu rasa bakso yang berukuran tidak terlalu besar ini juga sangat gurih.Kuah baksonya, cukup bening dengan rasa yang gurih dan segar. Citarasa bakso tersebut akan semakin mantap jika ditambah dengan sambal. Sambalnya pun cukup spesial.

Meskipun sangat terkenal, warung bakso yang buka mulai pukul 10:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB ini harga seporsi baksonya masih terjangkau, hanya Rp 11.000.

12. Ayam Goreng Mbah Cemplunk

Kuliner Yogyakarta memang tidak ada matinya, salah satunya adalah Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung. Kuliner ini termasuk salah satu kuliner “blusukan” yang harus kamu coba. Selain tempatnya yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja, lokasi kuliner ini lumayan susah di cari terutama bagi para pendatang di Kota Jogja.

Tekstur ayam gorengnya yang empuk dan rasanya yang gurih, tak heran jika warung makan yang buka mulai jam 8 pagi ini terkadang sudah habis saat jam makan siang tiba. Jadi, buat kamu yang ingin mencicipi kuliner yang satu ini datanglah sebelum jam makan siang tiba.

Oh, ya sambal bawang di sini juga enak dan menjadi salah satu sambal favorit bagi mereka yang suka rasa pedas. Cukup dengan IDR 30.000,- sampai IDR 100.000 (tergantung ukuran ayam) kamu sudah bisa menikmati seporsi ayam goreng dan nasi hangat dipadu dengan lezatnya sambal bawang khas dari Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung.

13. Enthok Slenget kang Tanir

enthok slenget kang tanirSore-sore makan yang pedes-pedes dan sekalian jalan-jalan ke pelosok jogja, tepatnya daerah sleman rasanya itu maknyus banget. Ini nih Entok Slenget Kang Tanir yang rasa pedesnya paling juara dan puas banget rasanya karena tidak sia-sia blusukan sampai sini. Cukup dengan IDR 18.000,- (kurang lebih) kamu sudah bisa menikmati sajian entok slenget ini.

Untuk rasa pedes nya bisa sesuai selera kok, mau yang pedes sedeng atau super pedes dan bisa juga tidak pedes buat kamu yang gak bisa makan yang pedes-pedes. Warung ini buka mulai pukul 4 sore dan tutup 7 malam tapi biasanya sebelum itu sih sudah habis duluan.

Oh, ya buat kamu yang bingung bagaimana caranya ke sini ini petunjuk arahnya. Jl Palagan km 15, belok kiri saat ada plang Hijau MTS Sleman, terus ke barat sampai bertemu puskesmas, terus sampai bertemu perempatan lampu ijo. Belok Kanan, dan ke arah utara sampai bertemu plang Enthok Slenget Kang Tanir.

sumber : Planet Ndeso
untuk wisata kuliner yang lain simak aja DISINI
atau mau melihat  tempat wisata di jogja

 

untuk menikmati semua kuliner diatas, kami menawarkan wisata kuliner ataupun wisata tour bersama ringga rentcar

kami menyediakan, sewa mobil, paket wisata, dll

silahkan hub 085385557727

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *