Kerajinan Keris Tradisional di Desa Wisata Banyusumurup Menarik Perhatian Wisatawan | Ringgarentcar.com

Kerajinan Keris Tradisional di Desa Wisata Banyusumurup Menarik Perhatian Wisatawan

kedung miri
Desa Wisata Kedung Miri, Wajah Alami Jogja yang Mempesona
April 12, 2019
Paket Harga Rental / Sewa Mobil Lebaran 2019 Jogja Lepas Kunci
April 18, 2019

Kerajinan Keris Tradisional di Desa Wisata Banyusumurup Menarik Perhatian Wisatawan

desa wisata banyumurup

Kerajinan Keris Tradisional di Desa Wisata Banyusumurup Menarik Perhatian Wisatawan

Jogja memang sudah terkenal akan destinasi wisatanya yang sangat melimpah, salah satunya destinasi desa wisata Banyusumurup. Desa ini terkenal dengan kerajinan keris tradisionalnya yang sangat unik dan menarik perhatian wisatawan. Selain desa wisata, di Jogja memang memiliki destinasi wisata lainnya seperti pantai, candi, goa dan kulinernya yang sangat beragam. Namun, soal kerajinan tradisional Desa Banyusumurup ini punya kerajinan keris yang sangat legendaris.

Mengenal Lebih dalam Tentang Kerajinan Keris

Desa wisata Banyusumurup merupakan desa pengrajin keris di Jogja yang sudah sangat terkenal dari dulu. Sebab, desa ini merupakan sentra kerajinan sandangan atau aksesoris keris yang sangat lengkap. Disini juga menjadi tempat tinggal para Mpu atau para pembuat keris tradisional. Kerajinan keris ini sudah menjadi bagian penting dalam berbagai upacara adat dan acara besar di pulau Jawa hingga saat ini.

Dalam pembuatan keris ini juga memiliki fungsi masing-masing, ada keris yang hanya digunakan sebagai aksesoris dan juga keris sebagai pusaka dalam berbagai kepentingan. Bahkan keris pusaka yang berisi doa-doa ini memiliki khasiat atau kemampuan memberikan keselamatan, kewibawaan, melancarkan rezeki, dan sebagainya bagi penggunanya.

Selanjutnya dalam pembuatan keris ini membutuhkan ketekunan dan ketelitian untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Selain itu, dalam pembuatannya pun menggunakan beberapa ritual-ritual khusus. Ritual yang dimaksud disini yaitu seperti melakukan puasa sebelum si Mpu atau pembuat keris ini memulai proses pembuatan keris pusaka tersebut.

Pembuatan Keris Desa Wisata Banyusumurup Masih Menggunakan Cara Tradisional

Untuk membuat keris tradisional di desa Banyusumurup ini masih menggunakan alat-alat sederhana seperti paku tatah, alat pelebut tradisional, dan palu. Kemudian proses pembuatan keris yang masih berbentuk lempengan kuning ini di bentuk sesuai sarung keris. Lalu lempengan tersebut diletakkan di atas aspal yang digunakan sebagai alas dan dilakukan proses penatahan atau pembentukan keris sesuai motif yang di inginkan.

Kemudian, sarung keris di poles menggunakan air jeruk untuk memberikan warna cerah dan lebih menarik. Akan tetapi, saat ini para pembuat keris lebih sering menggunakan larutan HCL, sebab prosesnya menjadi lebih cepat dan praktis dibandingkan menggunakan air jeruk. Selanjutnya untuk gagang keris ini terbuat dari bahan kayu, yaitu jenis kayu asem yang memiliki 2 model yaitu gaya Solo dan Yogya. Untuk model Solo gagang keris ini lebih besar dan model Yogya memiliki bentuk lengkungan.

Bagaimana apakah kamu tertarik dengan kerajinan keris tradisional dari desa wisata Banyusumurup ini? Keris ini sangat cocok dijadikan cideramata dan bisa kamu koleksi di rumah. Untuk harga keris ini sangat berfariasi tergantung dengan fungsi dan kerumitan dalam pembuatannya. Jika kamu berminat silakan datang ke desa Banyusumurup dan pilihlah berbagai jenis keris yang unik dan menarik ini.

Rute Termudah Menuju Lokasi Desa Wisata Banyusumurup

Desa kerajinan keris ini berada di Desa Banyusumurup, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju desa ini kamu tidak bisa menggunakan angkutan umum, karena tidak ada angkutan yang melewati desa tersebut. Maka dari itu, kamu bisa sewa mobil jogja lepas kunci di tempat sewa mobil terpercaya Jogja. Sehingga kamu bisa mendatangi Desa Banyusumurup dengan mudah dan praktis.

Untuk bisa sampai di desa ini, jika dari arah terminal Giwangan kamu bisa melaju ke arah selatan hingga menjumpai pertigaan di kecamatan Imogiri. Kemudian silakan ambil arah ke kiri menuju arah makam raja-raja Imogiri. Sebelum sampai tempat makam para raja Imogiri kamu akan menemukan persimpangan berbentuk Y dan ambil jalur kanan. Dengan menyusuri jalan tersebut kamu akan sampai di desa Banyusumurup.

Di desa Banyusumurup kamu bisa melihat proses pembuatan keris tradisional secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa belajar membuat keris dan menambah pengalaman saat liburan di Jogja. Mengenal dan mempelajari kerajinan tradisional keris di desa wisata Banyusumurup akan membuat liburanmu lebih berkesan dan berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *