Desa Wisata Tembi, Wisata Sambil Belajar Budaya | Ringgarentcar.com

Desa Wisata Tembi, Wisata Sambil Belajar Budaya

desa wisata nglinggo
Pemandangan Hijau Nan Asri, Inilah Pesona Desa Wisata Nglinggo
March 26, 2019
desa wisata kebonagung
Desa Wisata Kebon Agung, Pengalaman jadi Petani yang Berkesan
April 3, 2019

Desa Wisata Tembi, Wisata Sambil Belajar Budaya

desa wisata tembi

Ingin Belajar Budaya? Desa Wisata Tembi Cocok untuk Dikunjungi

Tidak dipungkiri lagi bahwa Yogyakarta memang memiliki banyak sekali destinasi wisata, salah satunya yang menarik adalah Desa Wisata Tembiyang berada di Kelurahan Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul.

Desa Tembi mulai dijadikan sebagai tempat wisata sejak tahun 2007 dan dianggap sebagai pionir lahirnya wisata berkonsep pedesaan di Yogyakarta. Desa Tembi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan desa-desa lainnya. Pasalnya Desa Tembi merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep budaya.

Tempat Wisata untuk Belajar

Desa Wisata Tembisangat dikenal dengan pemandangan alamnya yang asri dan udara yang menyejukkan. Kehidupan sehari-hari warga di Desa Tembi yang sebagian besar bergerak dibidang kerajinan juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut membuat Desa Tembi kental akan rasa pedesaannya. Bahkan dengan hanya berkeliling saja kamu bisa belajar banyak hal tentang kehidupan di desa.

Bagi kamu yang ingin ikut serta merasakan aktivitas di pedasaan, ada banyak hal yang bisa kamu ikuti di Desa Tembi.Aktivitas pertama yang bisa kamu ikuti adalah belajar membatik. Di sini kamu bisa langsung mendapatkan pelatihan membatik yang akan dibimbing oleh orang-orang yang sudah ahli dalam bidang membatik.

Aktivitas kebudayaan lain yang bisa kamu ikuti adalah mengolah sawah. Desa Tembi menawarkan wisata dimana kamu bisa ikut terjun langsung untuk menanam padi ataupun memanen padi. Bahkan kamu juga bisa ikut serta untuk memandikan kerbau yang biasa digunakan untuk membajak sawah. Dengan begitu kamu akan merasakan sensasi bermain di lumpur persawahan yang pastinya sangat seru sekaligus bisa jadi sarana belajar.

Aktivitas untuk menjajal transportasi tradisional juga disediakan oleh tempat wisata ini, seperti mengendarai andong, becak, dan kereta mini. Berwisata di Desa Tembi, kamu dapat melakukan outbond yang telah disediakan oleh banyak paket wisata di sana.

Tempat-tempat Kebudayaan yang Menarik untuk Dikunjungi

Desa Wisata Tembi tak lupa untuk menawarkan wisata kuliner tradisional, salah satunya yaitu paket wisata keliling kawasan Gabusan-Manding-Tembi (GMT) yang tentunya menyediakan banyak pilihan makanan tradisional khas Yogyakarta.

Di Desa Termbi juga terdapat sebuah museum bernama Rumah Budaya Tembi (Tembi House of Culture) yang memiliki koleksi-koleksi khas kebudayaan jawa. Rumah Budaya Tembi memiliki koleksi yang beragam mulai dari alat kesenian khas jawa (batik dan gamelan), peralatan dapur khas jawa (dandang, tungku, dan lesung), senjata khas jawa (tombak dan keris), alat tranportasi tradisional (sepeda kuno), hingga alat bertani (bajak).

Di Museum Rumah Budaya Tembi juga disajikan foto-foto dokumentasi dan poster jaman kuno. Bagi kamu yang senang membaca dan mencintai sastra, di museum ini banyak disediakan koleksi naskah kuno yang jumlahnya mencapai 5000 buah. Museum Rumah Budaya Tembi beroperasi pada hari Senin sampai Jumat, mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB.

Akses Menuju Destinasi

Untuk menuju Desa Tembi bisa diakses dengan mobil pribadi. Bagi kamu wisatawan dari luar Jogja bisa juga untuk Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci. Tidak perlu pusing lagi, langsung saja rental mobil di jogja untuk menikmatiDesa Tembi.

Desa Tembi terletak tidak jauh dari pusat Yogja, yaitu sekitar 8.5 km dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Malioboro. Kamu bisa mengambil arah ke Parangtritis hingga sampai ke gerbang Institut Seni Indonesia. Sampai di sana kamu akan menemukan gapura di kanan jalan yang bertuliskanDesa Wisata Tembi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *