Berbagai Sisi Menarik dari Desa Wisata Manding, Yogyakarta | Ringgarentcar.com

Berbagai Sisi Menarik dari Desa Wisata Manding, Yogyakarta

desa wisata ketingan
Berlibur ke Desa Wisata Ketingan di Sleman, Yogyakarta
March 14, 2019
Suka Jambu Mete? Desa Wisata Karang Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi
March 17, 2019

Berbagai Sisi Menarik dari Desa Wisata Manding, Yogyakarta

desa wisata manding

Berbagai Sisi Menarik dari Desa Wisata Manding, Yogyakarta

Desa Wisata Manding ini dikelola oleh sekelompok orang yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau disingkat pokdarwis Manding. Kalau kamu ingin berkunjung ke desa ini, kamu bisa merekomendasikan desa manding kepada HRD kantormu. Sebelum mendatangi Desa Manding kamu bisa mencari referensi apa saja yang bisa dikerjakan di desa tersebut melalui artikel ini. Seperti

Konon tempat wisata ini sangat cocok jika dikunjungi oleh rombongan dengan memanfaatkan jasa sewa mobil jogja lepas kunci. Yang kita tahu, liburan ke Yogyakarta itu tidak pernah tidak menarik. Kamu akan selalu diberikan suguhan berlibur dengan beragam nuansa dan pengalaman berbeda. Bahkan dengan mengunjungi desa manding saja sudah banyak pengalaman bisa kamu dapatkan.

Catatan Bersejarah di Desa Manding

Desa Wisata Manding yang berlokasi di Yogyakarta ini pernah mencatatkan sejarah menarik, yakni kedatangan dua menteri social Indonesia di dua tahun berbeda, yakni tahun 1967 dan 1985. Usut punya usut sisi menarik desa manding yang memancing menteri sosial untuk berkunjung adalah setiap 4 tahun sekali masyarakatnya membangun rumah seragam secara bersama-sama. Rumah seragam ini yang kerap disebut juga sebagai limasan.

Pada tahun 1967 konon sang menteri tidak hanya melakukan kunjungan, namun juga memberikan berbagai kenang-kenangan berupa pembangunan daerah. Tercatat berbagai pembangunan di beberapa bidang, seperti didirikannya TK sebagai sarana pendidikan, puskesmas sebagai sarana kesehatan. Kemudian mushola juga didirikan agar umat Islam bisa beribadah serta tidak lupa panggung kesenian.

Tradisi Selikuran di Desa Manding

Umat muslim tentu tidak asing dengan malam lailatur qadr, beberapa malam di bulan Ramadan yang sering ditunggu-tunggu. Desa Wisata Manding ini memiliki tradisi unik jika malam lailatul qadr datang. Tepat di malam ke-21 Ramadan seluruh warga desa manding menggelar acara selikuran yang dipimpin oleh kepala desa setempat. Di malam ini mereka bersama-sama memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa.

Di tempatmu atau di kampung halamanmu mungkin ada juga berbagai tradisi menarik yang kerap dilakukan. Sebelum fasilitas beribadah umat muslim dibangun, tradisi selikuran sudah berlangsung dalam waktu lama, yakni semenjak 1981 silam. Kebiasaannya dari dulu setiap keluarga akan membawa kenduri (nasi lengkap dengan lauk pauk) kenduri ini dijadikan menu buka puasa oleh semua orang yang hadir.

Cikal Bakal Kerajinan Kulit di Desa Manding

Seorang pria senja bernama Prapto Sudarmo bisa dikatakan sebagai orang paling berjasa terkait kerajinan kulit di desa manding. Melihat mayoritas penduduk manding yang merupakan seorang petani membuat Prapto berpikir untuk membuat lapangan kerja lainnya. Hal itu ia awali dengan mempelajari teknik membuat kerajinan kulit dari saudaranya di sebelah Barat kota Yogyakarta. Berhasil, ia pun kembali ke kotanya.

Jika sekarang kamu menemui bahwa desa manding ini memiliki beragam kerajinan kulit memukau, seperti tas, jaket, ikat pinggang dan lain sebagainya. Hal itu tidak lain karena memang mulanya seorang pria berperan di belakang sejarah tersebut. Konon kerajinan kulit di desa manding itu sudah eksis dari tahun 1953 dan pasarnya bukan hanya di Indonesia, melainkan sudah merambah dunia internasional. Bisa jadi juga segala material berbahan kulit yang kamu miliki itu hasil karya desa manding.

Jika berbicara tentang Yogyakarta tentu akan banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Jangankan yang belum pernah, yang sudah pernah pun pasti ingin sekal berkunjung lagi dan lagi ke Yogyakarta. Desa Wisata Manding hanya satu dari sekian destinasi wisata di Yogyakarta.

Cara Menuju Desa Wisata Manding

Untuk menuju desa wisata manding ini sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan jasa sewa mobil di jogja yang banyak tersedia di berbagai sudut kota jogja. Lokasi desa wisata manding ini sangat mudah untuk dikunjungi pasalnya terletak tepat di pinggir jalan parangtritis sebagai jalur wisata utama menuju pantai parangtritis,

Dari kota jogja langsung saja menuju jalan parangtritis dan jalan lurus ke selatan ke arah pantai. Nanti setelah sampai di pasar seni gabusan masih lurus beberapa ratus meter saja ketemu perempatan. Di sebelah kanan perempatan itu sudah ada gapura bertuliskan manding. Atau jika ingin menggunakan teknologi silahkan menggunakan google map maupun waze.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *