Suka Jambu Mete? Desa Wisata Karang Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi | Ringgarentcar.com

Suka Jambu Mete? Desa Wisata Karang Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi

ringga rent car
SEWA MOBIL LEPAS KUNCI DI JOGJA | rental mobil murah
March 16, 2019
Liburan Paket Lengkap di Desa Wisata Banyusumurup Yogyakarta
March 18, 2019

Suka Jambu Mete? Desa Wisata Karang Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi

Suka Jambu Mete? Desa Wisata Karang Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi

Desa wisata Karang Tengah merupakan desa dengan salah satu potensinya yaitu penghasil mete. Kacang mete yang berasal dari jambu mete ini sangat digemari oleh banyak orang, rasa yang khas membuat orang-orang sering memburu makanan ini. Nah, kacang mete ini biasanya dipasarkan harganya sudah cukup mahal.

Di desa wisata Karang Tengah juga ditanami tanaman Jambu mete sejak tahun 2005 atas saran dari GKR Pembayun Putri Raja Kerton Kasultanan Yogykarta. Dngan menempati area Sultan Ground, yaitu tanah yang kepemilikannya milik keraton Kasultanan Yogyakarta. Luas tanah dari Sultan ground yang digunakan kira-kira sekitar 60 Ha dan lahan tersebut sudah hampir seluruhnya ditanami Pohon Jambu mete. Untuk pengelolaannya, diserahkan pada penduduk setempat.

Selain itu, terdapat pula Kesumbo dan Indigovera sebagai bahan dari pewarna batik alami, ada pula kemenyan, nogosari untuk bahan pembuatan rangka keris, biola, sawo bludru, sawo kecik, preh, ringin serta tanaman langka lainnya. Nah, upaya lain untuk mendukung keberadaan kebun sebagai tempat potensi wisata, desa ini dilengkapi dengan gazebo, ruang pameran, satu rumah untuk laboratorium ulat sutera, serta satu rumah jaga.

Pengalaman Menanam Pohon Jambu Mete

Potensi wisata agro inilah yang mampu untuk menarik wisatawan, yaitu dengan menjadikan paket wisata berupa pengalaman menanam jambu mete. Sejak 2007, desa ini telah masuk ke dalam daftar desa wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

Di desa Karang Tengan, setiap kepala keluarga diberikan sebuah tanggung jawab atas lahan seluas 2.000 meter persegi untuk ditanami tanaman jambu mete. Selain buah jambu mete, hal lain yang dijual serta dikembangkan disini yaitu ternak ulat sutera liar.

Pemandangan Menakjubkan

Bagi kalian yang mengingkan paket wisata yang menhasyikkan kalian dapat langsung ke desa wisata Karang Tengah. Lokasi-lokasi yang dapat kamu nikmatik ketika berada di sini, di antaranya; Wisata spiritual ke makam Ki Ambar sari (Watu wedhok), gejog lesung, Wisata budaya berupa gamelan, karawitan, seni bergodo keprajuritan, sanggar seni laskito mas dan laras seni.

Di sini pun pemandangannya tak kalah indah, kalian dapat melihat hijaunya pepohonan jambu mete beseta sinar yang menyejukkan. Untuk kalian yang senang dengan belanja terutama Batik, disini tersedia pula batik di showroom Kasiutri.

Akses Jalan ke Desa Karang Tengah

Desa Wisata Karang Tengah ini berada di dusun Mojolegi RT 03 Karangtengah, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau sekitar 2 km dari makan raja-raja di Imogiri. Apabila kamu ingin kesini, kamu dapat dengan Kendaraan umum jurusan makam imogiri serta turun di sub terminal imogiri, kemudian dilanjutkan dengan ojek maupun jalan kaki sekitar 1,5 km.

Kalian pun juga dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua untuk kemari, bisa juga rental mobil di jogja. Perlu kalian ketahui, tempat ini berada diketinggian 300 meter diatas permukaan laut. Apabila dilihat dari sisi geografis dan topografisnya, tempat ini sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata, seperti trekking dan hiking, hingga area outbond dan api unggun.

Tertarik untuk jalan-jalan di Kota Yogyakarta? Agar perjalanan terasa lebih menyenangkan, ada baiknya kamu menggunakan jasa sewa mobil Jogja lepas kunci yang terpercaya dan menyediakan reservasi 24 jam. Jika kamu ingin bertanya-tanya terlebih dulu, tidak masalah jika menghubunyinya langsung. Agar Anda mendapatkan kualitas mobil yang prima untuk menyususuri desa Karang Tengah.

Tunggu apa lagi, kamu bisa mengunjungi desa wisata ini untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman Anda, karena Alam tidak pernah ada habisnya dalam menyuguhkan suasana yang indah, seperti di desa wisata Karang Tengah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *