Belajar Membatik Di Desa Wisata Batik Giriloyo, Yogyakarta | Ringgarentcar.com

Belajar Membatik Di Desa Wisata Batik Giriloyo, Yogyakarta

Kampung Wisata Cokrodiningratan Yogyakarta Penuh Kejutan
May 9, 2019
Pesona Tunggul Arum, Desa Wisata Sejuta Cerita
May 11, 2019

Belajar Membatik Di Desa Wisata Batik Giriloyo, Yogyakarta

Belajar Membatik di Desa Wisata Batik Jogja

Kerajinan batik memang tidak pernah dilepaskan di salah satu budaya Indonesia terutama daerah Jogja dan kamu bisa menikmatinya secara optimal di desa wisata batik Jogja. Di daerah tersebut kamu akan menemukan beragam jenis batik hingga belajar untuk membuatnya. Tentunya ini menjadi pengalaman yang harus dicoba saat kamu berada di Jogja sebagai pelengkap perjalanan wisata agar tidak membosankan seperti liburan biasanya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Desa Wisata Batik Jogja

Lebih tepatnya secara lokasi desa wisata batik Jogja ini berada di Desa Giriloyo yang tidak jauh dari daerah Makan Imogiri. Salah satu keunikan yang ada di desa ini adalah sebagian besar penduduknya yang laki-laki adalah seorang abdi dalem di Keraton Yogyakarta, sementara para wanitanya adalah pengrajin batik tulis itulah yang menyebabkan daerah ini menjadi lokasi wisata batik yang sangat terkenal.

Seni batik tulis yang ada di desa ini sudah berkembang sejak abad ke 17 dan dilakukan secara turun-temurun hingga saat ini. Desa Giriloyo ini juga merupakan sentra batik yang terbesar di Jogja sehingga pastinya ada banyak sekali orang yang berkunjung ke sini setiap harinya. Saat kamu sedang berada di sana maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bisa menikmati keindahan batiknya.

Belajar Membatik di Desa Wisata Jogja

Kegiatan untuk belajar membatik seakan menjadi hal wajib untuk dilakukan para wisawatan di sana. Bahkan mereka mampu menyediakan fasilitas untuk belajar membatik mulai dari 5 sampai 500 orang. Untuk mengikuti workshop membatik kamu perlu mengeluarkan budget sebsar 25 sampai 50 ribu per orang dan membawa hasil selembar kain yang sudah dibatik sehingga bisa dijadikan kenang-kenangan saat pulang ke rumah.

Baca juga : Bakso Enak Di Jogja

Selain belajar membatik kamu juga bisa membeli batik khas desa tersebut dengan berbagai pilihan yang tentunya sangat indah. Harga batik yang ditawarkan bisa mencapi kisaran harga 500 ribu sampai 2 juta rupiah, tetapi tentunya untuk masalah kualitas tidak perlu kamu ragukan lagi karena memang batik dari Desa wisata batik Jogja Giriloyo sudah terjamin kualitasnya sejak berabad-abad yang lalu dengan desain yang sangat indah.

Di desa wisata batik ini kamu bisa belajar proses membatik dari masih kain polos, membatik dengan canting hingga proses pewarnaan dan pengeringannya. Dengan begitu kamu juga bisa memahami mengapa harga kain batik di pasaran sangat mahal karena memang proses pembuatannya yang rumit dan lama. Apalagi untuk motif batik yang asli juga tidak boleh sembarangan karena semuanya memiliki filosofi masing-masing.

Berburu Batik Berkualitas Desa Wisata Batik Jogja

Menjadikan batik sebagai salah satu oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang dari Jogja tentu saja adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika kamu bisa membawa Batik yang memiliki kualitas tinggi dari Desa Giriloyo sebagai sentra batik terbesar yang mendapatkan referensi dari Keraton Yogyakarta secara langsung. Tentunya menjadi oleh-oleh yang sangat berkesan karena langsung dari pusat pembuatannya kamu mendapatkan barang berkualitas.

Baca Juga : Tempat Wisata Baru Di jogja

Untuk bisa membantu memudahkan perjalanan kamu menuju ke lokasi Desa Giriloyo ini maka bisa memilih menggunakan sewa mobil Jogja lepas kunci di berbagai jasa transportasi di sekitar sana. Tentunya akan lebih nyaman dan menyenangkan karena kamu bisa berkeliling tanpa perlu repot atau merasa sungkan karena mobil bisa dibawa sendiri tanpa harus bersama sopir, jadi kamu bisa berada di sana sepuasnya.

Rute Menuju Desa Wisata Batik Giriloyo

Desa wisata batik yang terletak di giriloyo ini merupakan sentra kerajinan batik terbesar yang ada di jogja. Untuk alamat desa wisata ini terletak di jl Imogiri Timur, Km 14, Gazebo wisata, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri kabupaten Bantul. Desa wisata batik ini mempunyai 3 dusun pengrajin batik. Yaitu dusun karang kulon, Giriloyo dan juga Cengkehan.

Untuk rute menuju desa wisata batik giriloyo ini apabila ditempuh dari arah pusat kota jogja. Kamu bisa langsung aja jl lurus ke arah selatan melewati jalan parangtritis, sampai di ringroad selatan belok kiri sampai lampu merah kedua. Lampu merah kedua atau terminal giwangan belok kanan menuju jl imogiri timur. Ikuti petunjuk arah menuju Makam Raja Raja Mataram Imogiri. nanti akan menemukan petunjuk arah ke desa wisata batik

Apabila bingung, anda bisa menghubungi kami. Kami menyediakan jasa transportasi berupa Rental mobil di jogja baik dengan driver maupun lepas kunci. Di samping jogja kami juga membuka cabang sewa mobil kulon progo dan berbagai unit lain seperti sewa hiace kulon progo.

Nama : Desa Wisata Batik Giriloyo
Lokasi : Gazebo Wisata Giriloyo, Jl. Imogiri Tim. No.Km. 14

Itulah beberapa informasi mengenai desa wisata batik jogja, kamu bisa mengunjungi desa Giriloyo ini untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga atau sahabatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *