Asal Usul Keistimewaan Yogyakarta | Ringgarentcar.com

Asal Usul Keistimewaan Yogyakarta

Paket Wisata Di Jogja Murah
November 28, 2016
Grab Car Sudah Bisa Di Pesan Di Jogja
December 6, 2016

Daerah IStimewa Yogyakarta atau sering di singkat DIY adalah propinsi tertua kedua di indonesia setelah jawa timur. DIY merupakan salah satu Daearah Keistimewaan yang di miliki Indonesia sampai saat ini. Status ini merupakan warisan sejarah yang panjang dari jauh sebelum zaman kemerdekaan.

Banyak orang yang tidak akan mengerti arti keistimewaan Yogyakarta sebelum mempelajari sejarahnya terlebih dahulu dan tidak akan mengerti kontribusi Kasultanan Ngayogyokarto hadiningrat saat di pimpin Raja Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Kontribusi Kasultanan Ngayogyokarto Pada masa Sri Sultan HB IX

  • Serangan Umum 1 maret = di tengah kevakuman pemerintah indonesia, Sri Sultan HB IX mencari ide untuk membalikkan keadaan. akhirnya menemukan ide yaitu melakukan serangan umum ke yogyakarta setelah mendengarkan radio BBC. Pengorbanan Yogyakarta pada masa ini sangatlah besar, bahkan Sri Sultan rela wilayahnya dijadikan tempat peperangan demi mengusir penjajah. Serangan ini akirnya dapat mengambil alih kekuasaan selama 6 jam. dan Tujuan utamanya untuk mengatakan kepada Belanda kalau bangsa Indonesia masih hidup dan masih mempunyai semangat. Karena keistimewaan yogyakarta bukanlah tanpa dasar, melainkan karena pengabdian dan mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentinga pribadi maka daerah keistimewaan adalah hadiah yang pantas dan layak.
  • Agresi Militer II = pada masa ini Ibukota dipindahkan dari jakarta ke yogyakarta beserta para pemimpin pemimpinnya. Pada saat terjadi peperangan SOekarno, Hatta ditangkap dan diasingkan. Jnedral sudirman pun dalam keadaan sakit. dan seluruh Yogyakarta dikuasai oleh belanda. Tinggal Sri SUltan HB IX yang masih tersisa dan menjadio benteng terakhir. Sri Sultan HB IX diajak berunding oleh belanda dan diajak bekerja sama untuk membangun Negara Bagian Jawa Tengah dan Sri Sultan dijanjikan menjadi seorang pemimpin yang menguasai semua pulau jawa dan madura. Hal ini merupakan pengakuan belanda terhadap kekuatan Sri Sultan HB IX. karena kesetiaanya terhadap indonesia maka pada saat itu Sri Sultan menolak dengan tegas.
  • Yogyakarta Ibukota Indonesia = pemindahan ibukota ke yogyakartapun bukan tanpa alasan. alasan pertama karena tidak amannya jakarta dan yang kedua karena ingin menyempurnakan organisasi negara. pada saat pemindahan ibu kota pun Sri Sultan Kembali membantu secara finansial maupun secara moral. bahkan sampai mengeluarkan uang pribadinya sebanyak 2 juta gulden. itu merupakan uang yang sangat besar pada masa itu tanpa memintanya kembali.
  • amanat 5 september 1945 = amanat yang di keluarkan sukarno waktu itu merupakan bukti yang sah bahwa yogyakarta merupakan salah satu bagian dari indonesia dengan nama DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.
  • piagam 19 Agustus 1945 = piagam ini merupakan piagam bentuk bergabungnya yogyakarta dengan Indonesia

jadi sudah jelas Keistimewaan Yogyakarta merupakan harga mati dan tidak bisa di otak atik kembali.

 

baca juga :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *